Senin, 12 Oktober 2015

Makalah Sistem Operasi "Software Virtual Machine"

MAKALAH SISTEM OPERASI

"SOFTWARE VIRTUAL MACHINE"

(melengkapi tugas Sistem Operasi)
Dosen: Reza Chandra





di susun oleh:

Noviansyah Dwi Jaya (28114063)
2KB04






SISTEM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR



 Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nya penyusun dapat menyelesaikan makalah tentang “Software Virtual Machine” ini dengan tepat waktu. Penyusun berterimakasih kepada Bapak Reza Chandra selaku Dosen mata kuliah Sistem Operasi yang telah membimbing penyusun dalam penyelesaian tugas makalah ini.
            Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa dalam makalah ini terdapat banyak kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penyusun berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan makalah yang dibuat untuk masa yang akan datang. Penyusun berharap makalah ini dapat berguna bagi diri sendiri maupun pembacanya.
            Penyusun memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dalam makalah ini.




Bogor, 6 Oktober 2015


Penyusun

i



DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI............................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
1.1. Latar Belakang....................................................................................................1
1.2. Rumusan masalah.................................................................................................1
1.3. Manfaat Penulisan...............................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN.........................................................................................2
2.1. Pengertian Virtual Machine.................................................................................2
2.2. Macam-macam Virtual Machine..........................................................................2
2.3. Kelebihan dan Kekurangan Software Virtual Machine........................................4
BAB III PENUTUP.................................................................................................6
3.1. Kesimpulan.........................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................7

      ii



BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
      Virtual Machine (VM) adalah suatu environment, biasanya sebuah program atau sistem operasi, yang tidak ada secara fisik tetapi dijalankan dalam environment lain.  Dalam  konteks   ini,  VM  disebut  “guest”  sementara  environment  yang menjalankannya   disebut  “host”.   Ide   dasar   dari  virtual   machine  adalah mengabtraksi perangkat keras dari satu komputer (CPU, memori,  disk, dst) ke beberapa  environment  eksekusi,   sehingga  menciptakan   illusi  bahwa  masing-masing environment menjalankan komputernya (terpisah) sendiri. VM muncul karena pada satu komputer. Virtual Machine (VM) sendiri mulai dikenalkan oleh IBM ketika meluncurkansistem operasi mainframenya pada tahun 1965-an. Diperkenalkan untuk sistem S/370   dan   S/390   dan   disebut   sebagai   sistem  operasi  VM/ESA  (Enterprise System Architecture). Dalam Virtual machine mengenal dua istilah yaitu Host OS dan Guest Os. Host OS adalah sistem operasi dimana virtual machine diinstall sedangkan Guest OS adalah sistem operasi yang diinstall pada virtual machine. Dengan virtual machine sobat bisa menginstall banyak OS didalam OS bawaan Laptop / komputer sobat. Virtual machine biasa saya manfaatkan untuk uji coba OS sehingga tanpa takut terjadi kesalahan yang menyebabkan kerusakan hardware selain itu juga untuk memanage banyak akun - akun penting yang mengharuskan mempunyai lebih dari 1 pc, karena setiap OS yang diinstall pada virtual machine memiliki MAC Addres yang berbeda.

1.2.Rumusan Masalah
  1. Apa itu Virtual Machine?
  2. Apa jenis-jenis Virtual Machine?
  3. Apa kelebihan dan kekurangan Software Virtual Machine?
1.3.Manfaat Penulisan
  1. Melengkai tugas mata kuliah Sistem Operasi
  2. Mengetahui apa itu Virtual Machine
  3. Memahami kelebihan dan kekurangan Virtual Machine
1


BAB II
PEMBAHASAN


2.1.Pengertian Virtual Machine
       Virtual adalah istilah yang awalnya berasal dari optik, untuk memahami objek di cermin. Objek dalam cermin adalah cerminan dari suatu benda fisik yang sebenarnya, tetapi cermin tidak benar-benar objek. Ini berarti bahwa gambar tersebut terlihat seperti objek aktual dan terlihat menjadi di lokasi yang sama.
      Sebuah mesin virtual (VM) adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin (misalnya komputer) yang mengeksekusi program-program seperti mesin fisik. Mesin virtual dipisahkan menjadi dua kategori utama, didasarkan pada penggunaan dan tingkat korespondensi untuk setiap mesin nyata. Sebuah mesin virtual sistem menyediakan lengkap platform sistem yang mendukung pelaksanaan lengkap sistem operasi (OS). Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan satu program , yang berarti bahwa ia mendukung satu proses . Karakteristik penting dari sebuah mesin virtual adalah bahwa perangkat lunak yang berjalan di dalam terbatas pada sumber daya dan abstraksi yang disediakan oleh mesin virtual tidak dapat keluar dari dunia virtual.

2.2.Macam-macam Virtual Machine
  • Virtual PC

          Windows Virtual PC (pengganti Microsoft Virtual PC 2007 , Microsoft Virtual PC 2004 , dan CONNECTIX Virtual PC ) adalah virtualisasi program untuk Microsoft Windows . Pada bulan Juli 2006 Microsoft merilis versi Windows sebagai produk gratis. Pada bulan Agustus 2006 Microsoft mengumumkan versi Macintosh tidak akan porting ke Intel berbasis komputer Macintosh, efektif menghentikan produk sebagai PowerPC berbasis komputer Macintosh tidak lagi diproduksi. Rilis terbaru, Windows Virtual PC, tidak berjalan di versi Windows lebih awal dari Windows 7 , dan tidak resmi mendukung MS-DOS atau sistem operasi sebelum Windows XP Professional SP3 sebagai tamu. Versi yang lebih tua, yang mendukung lebih luas host dan sistem operasi tamu, tetap tersedia. Virtual PC virtualizes standar PC dan perangkat keras yang terkait. Didukung sistem operasi Windows dapat dijalankan di dalam Virtual PC.Sistem operasi lain seperti Linux dapat berjalan, tetapi tidak secara resmi didukung, dan Microsoft tidak menyediakan driver yang diperlukan (disebut "Penambahan Virtual Machine") untuk Linux.

  • Oracle VM Virtual Box
           Oracle VM VirtualBox (sebelumnya Sun VirtualBox ) adalah Virtualisasi x86 paket perangkat lunak, yang diciptakan oleh perusahaan software Innotek GmbH, dibeli oleh Sun Microsystems , dan sekarang dikembangkan oleh Oracle Corporation sebagai bagian dari keluarganya produk Virtualisasi. Oracle VM VirtualBox terinstal pada sistem operasi host yang ada sebagai aplikasi, aplikasi ini memungkinkan sistem host operasi tamu tambahan, masing-masing dikenal sebagai OS Tamu , yang akan diambil dan dijalankan, masing-masing dengan lingkungan maya sendiri. Sistem host operasi yang didukung termasuk Linux , Mac OS X , Windows XP , Windows Vista , Windows 7 , Solaris , dan OpenSolaris , ada juga port ke FreeBSD . Sistem operasi yang didukung tamu termasuk versi dan derivasi dari Windows , Linux , BSD , OS / 2 , Solaris dan lainnya. Sejak rilis 3.2.0, VirtualBox juga memungkinkan virtualisasi terbatas Mac OS X tamu pada hardware Apple. Menurut survei 2010 oleh LinuxJournal.com , dan LifeHacker.com , VirtualBox adalah produk virtualisasi yang paling populer dengan lebih dari 50% suara. Sejak versi 4.1, Windows tamu pada hardware yang didukung bisa mengambil keuntungan dari baru ini menerapkan WDDM sopir termasuk dalam penambahan tamu; ini memungkinkan Windows Aero harus diaktifkan bersama dengan Direct3D dukungan.


2


  • VMWare
           VMware, Inc ( NYSE :  VMW ) adalah perusahaan yang menyediakan virtualisasi perangkat lunak, didirikan pada tahun 1998 dan berbasis di Palo Alto, California , Amerika Serikat. Perusahaan ini diakuisisi oleh EMC Corporation pada tahun 2004, dan beroperasi sebagai anak perusahaan perangkat lunak terpisah.
Perangkat lunak desktop VMware berjalan pada Microsoft Windows , Linux , dan Mac OS X , sementara VMware perusahaan perangkat lunak hypervisors untuk server, VMware ESX danVMware ESXi , adalah bare-metal hypervisors tertanam yang berjalan secara langsung padaserver yang keras tanpa memerlukan tambahan mendasari sistem operasi.


Inti desain produk :
         VMware perangkat lunak menyediakan sepenuhnya virtual set perangkat keras untuk sistem operasi tamu. VMware perangkat lunak virtualizes perangkat keras untuk adapter video, adapter jaringan, dan adaptor hard disk. Host menyediakan pass-through driver untuk tamu USB, serial, dan perangkat paralel. Dengan cara ini, mesin virtual VMware menjadi sangat portabel antar komputer, karena setiap host hampir sama dengan tamu. Dalam prakteknya, seorang administrator sistem dapat menghentikan sementara operasi pada mesin virtual tamu, memindahkan atau menyalin bahwa tamu ke komputer lain fisik, dan ada melanjutkan eksekusi tepat pada titik suspensi. Atau, untuk server perusahaan, fitur yang disebut vMotion memungkinkan migrasi mesin virtual antara tamu operasional host hardware yang sama tetapi terpisah berbagi penyimpanan yang sama (atau, dengan Penyimpanan vMotion , penyimpanan terpisah dapat digunakan, juga).Masing-masing transisi benar-benar transparan untuk setiap pengguna pada mesin virtual pada saat itu sedang bermigrasi. 
     VMware Workstation, Server, dan ESX mengambil jalan yang lebih dioptimalkan untuk menjalankan sistem target operasi pada host dari emulator (seperti Bochs ) yang mensimulasikan fungsi dari setiap instruksi CPU pada mesin target satu-per-satu, atau kompilasi ulang dinamis yang mengkompilasi blok mesin-instruksi pertama kalinya mereka melaksanakan, dan kemudian menggunakan kode diterjemahkan langsung ketika kode berjalan kemudian ( Microsoft Virtual PC untuk Mac OS X mengambil pendekatan ini.) perangkat lunak VMware tidak meniru set instruksi untuk perangkat keras yang berbeda tidak secara fisik hadir . Hal ini secara signifikan meningkatkan kinerja, tetapi dapat menyebabkan masalah ketika bergerak tamu mesin virtual antara host menggunakan perangkat keras yang berbeda-set instruksi (seperti ditemukan dalam 64-bit Intel dan AMD CPU), atau antara host perangkat keras dengan sejumlah berbeda dari CPU. Piranti lunak yang agnostik CPU biasanya dapat bertahan hidup transisi seperti ini, kecuali agnostik oleh forking saat startup, dalam hal ini, perangkat lunak atau OS tamu harus dihentikan sebelum pindah, maka restart setelah beraktivitas.
        Produk VMware mendahului ekstensi virtualisasi ke set instruksi x86, dan tidak memerlukan virtualisasi-enabled prosesor. Pada prosesor yang lebih baru, hypervisor sekarang dirancang memanfaatkan ekstensi. Namun, tidak seperti hypervisors lainnya, VMware masih mendukung prosesor tua. Dalam kasus tersebut, ia menggunakan CPU untuk menjalankan kode secara langsung bila memungkinkan (seperti, misalnya, ketika menjalankan user-mode dan virtual 8086 modus kode pada x86). Ketika eksekusi langsung tidak dapat beroperasi, seperti dengan kernel-tingkat dan real-mode kode, produk VMware menulis ulang kode dinamis, proses VMware panggilan "terjemahan biner" atau BT. Kode diterjemahkan akan disimpan dalam memori cadangan, biasanya pada akhir ruang alamat , yang segmentasi mekanisme dapat melindungi dan membuat tak terlihat. Untuk alasan ini, VMware beroperasi secara dramatis lebih cepat dari emulator, berjalan pada lebih dari 80% dari kecepatan bahwa tamu maya operasi-sistem akan berjalan secara langsung pada hardware yang sama. Dalam sebuah penelitian VMware mengklaim perlambatan lebih asli berkisar 0-6 persen untuk VMware ESX Server.
        Pendekatan VMware menghindari beberapa kesulitan virtualisasi pada x86 berbasis platform. Mesin virtual dapat menangani instruksi menyinggung dengan mengganti mereka, atau hanya dengan menjalankan kernel-kode dalam mode pengguna. Instruksi Mengganti menjalankan risiko bahwa kode mungkin gagal untuk menemukan konten yang diharapkan jika membaca itu sendiri, seseorang tidak dapat melindungi kode terhadap membaca sementara memungkinkan eksekusi normal, dan mengganti di tempat menjadi rumit. Menjalankan kode dimodifikasi di user-mode juga akan gagal, karena sebagian besar instruksi yang hanya membaca mesin-state tidak menyebabkan pengecualian dan akan mengkhianati negara sebenarnya dari program, dan instruksi tertentu diam-diam mengubah perilaku di user-mode.Satu selalu harus menulis ulang; melakukan simulasi arus program counter di lokasi asli ketika hardware yang dibutuhkan dan (terutama) kode remapping breakpoints .
     Meskipun mesin virtual VMware berjalan di user-mode, VMware Workstation itu sendiri membutuhkan instalasi berbagai driver di host sistem operasi, terutama untuk secara dinamis mengganti Tabel DESKRIPSI Global (GDT) dan Tabel DESKRIPSI Interrupt (IDT) .
        Kini produk VMware juga dapat menjalankan sistem operasi yang berbeda pada sistem dual-boot dengan boot secara bersamaan satu partisi native saat menggunakan yang lain sebagai tamu dalam VMware Workstation.
3


2.3. Kelebihan dan Kekurangan Software Virtual Machine
  1. VMWare
           Kelebihan : 

  • Mudah digunakan, pengaturan simpel sekali
  • Fitur unity-nya luar biasa! Berbeda dengan fitur “Seamless Mode”-nya virtualbox. Bila di virtualbox taskbar windows masih ada, di vmware player mengintegrasikan aplikasi windows juga sekalian ke taskbar gnome.
  • Game yang fullscreen lancar walau agak lambat. Game AOE bisa berjalan, tapi respon kursor sangat lambat.
  • Untuk keperluan uji program (trial and error), tidak perlu me-restart PC untuk beralih sistem operasi (dual boot) atau berpindah komputer.
  • Dapat mengembangkan perangkat lunak multiplatform dengan cepat karena adanya lebih dari sistem operasi yang berjalaan bersamaan.
           
            Kekurangan:

  • Berat, dan lebih lambat dari virtualbox. Respon grafis-nya juga terasa tersendat.
  • Terlalu simpel, sulit menemukan pengaturan yang lebih.
  • Tidak open source, komunitas Linux sangat tergantung ke vmware. Ini membuat bug yang muncul tidak bisa dengan cepat ditangani.

   2.  Virtual Box
         
           Kelebihan:

  • Instalasi ke sistem cepat, instalasi OS Client juga cepat.
  • Mudah digunakan, menyediakan pengaturan-pengaturan lebih lanjut. 
  • Secara keseluruhan cepat, OS client (windows XP) mendekati kecepatan aslinya.
         
           Kekurangan:

  • Tidak bisa mengakses perangkat yang membutuhkan koneksi USB dengan sempurna (misal aplikasi Desktop Manager Blackberry tidak bisa digunakan untuk membackup data)
  • Beberapa game yang fullscreen tidak berjalan. (Saya mencoba Age Of Empires)


4


   3.  Virtual PC

           Kelebihan:

  • Di rekomendasi oleh microsoft.
  • Memungkinkan untuk FAQ atau menjawab pertanyaan yang sering diajukan disertai jawabannya supaya pengguna tidak perlu repot-repot nanya kalau mengalami masalah yang sama. 
  • Sudah di sertakan Recorded demos jadi kita sudah di berikan tutorial singkat penggunaanya.
  • Memungkinkan percobaan dual boot saat ingin menguji coba sebuah sistem operasi baru

           Kekurangan:

  • Berlisensi dan prabayar
  • Hanya memungkinkan untuk produk microsoft saja
  • Tidak open source
  • Belum memungkinkan penggunaan USB
  • Vitur ketinggalan jaman bila di bandingkan virtual machine sejenis.


5


BAB III
PENUTUP


3.1. Kesimpulan
     Virtual Machine adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin (misalnya komputer) yang mengeksekusi program-program seperti mesin fisik. Perangkat lunak ini memiliki 3 jenis yang berbeda, yaitu Virtual PC, Oracle VM Virtual Box dan VMWare. Masing-masing jenisnya mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.


6



DAFTAR PUSTAKA


----------------. 2012. Jenis-jenis Virtual Machine. http://tugaskelompok-so-ti.blogspot.co.id/2012/05/jenis-jenis-virtual-machine.html
Sofjan Rizal, Muhammad. 2014. Contoh-contoh Virtual Machine dan kekurangan serta kelebihannya. http://muhammadsofjanrizal.blogspot.co.id/2014/04/contoh-contoh-virtual-machine-dan.html
Rifqiana, Rizal. 2012. Virtual Machine. http://kertas2terbang.blogspot.co.id/2012/09/virtual-machine.html
Wahyudi, Riki. 2012. Pengertian dan Kegunaan Teknologi Virtual Machine. http://studycolection.blogspot.co.id/2014/04/pengertian-dan-kegunaan-teknologi.html
Cahyadi, Arianto. 2012. Macam-macam Virtual Machines. http://ariantocahyadi.blogspot.co.id/2012/04/macam-macam-virtual-machines.html
http://www.academia.edu/4659956/Bab_8._Virtual_Machine_VM_








7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar