Selasa, 06 Oktober 2015

MAKALAH PENGANTAR STATISTIKA

"TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI"

(melengkapi tugas Pengantar Statistika)
Dosen: Riskayanto





di susun oleh:

Noviansyah Dwi Jaya (28114063)
2KB04






SISTEM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR



           Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nya penyusun dapat menyelesaikan makalah tentang “Tabel Distribusi Frekuensi” ini dengan tepat waktu. Penyusun berterimakasih kepada Bapak Riskayanto selaku Dosen mata kuliah Pengantar Statistika yang telah membimbing penyusun dalam penyelesaian tugas makalah ini.
            Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa dalam makalah ini terdapat banyak kekurangan dan masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penyusun berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan makalah yang dibuat untuk masa yang akan datang. Penyusun berharap makalah ini dapat berguna bagi diri sendiri maupun pembacanya.
            Penyusun memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dalam makalah ini.




Bogor, 6 Oktober 2015


Penyusun

i


DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI............................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
1.1. Latar Belakang....................................................................................................
1.2. Tujuan Penulisan.................................................................................................
1.3. Manfaat Penulisan...............................................................................................
BAB II PEMBAHASAN.........................................................................................
2.1. Pengertian Kalimat Efektif.................................................................................
2.2. Ciri-ciri Kalimat Efektif......................................................................................
BAB III PENUTUP.................................................................................................
3.1. Kesimpulan.........................................................................................................
3.2. Saran...................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................

      ii



BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
       Statistika banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Peranan statistika begitu penting dalam kehidupan, baik dalam kegiatan pemerintahan, perusahaan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dalam ilmu statistika dalam pembahasannya dibagi menjadi 2, yaitu Statistika Deskriptif/Deduktif adalah statistika yang kegiatannya dimulai dari pengumpulan sampai pada analisis data yang paling sederhana, bersifat memberi gambaran suatu data apa adanya dan meringkas data agar mudah dibaca. Sedangkan, Statistika Inferensial/Induktif adalah statistika yang kegiatannya dimulai dari pengumpulan data sampai pada pengambilan kesimpulan secara logis dan rasional, biasanya digunakan untuk menentukan kebijakan atau penelitian.
        Statistika juga dapat dipergunakan sebagai dasar suatu perencanaan, agar perancanaan sesuai dengan kemampuan yang ada, sehingga dapat menghindari perencanaan yang ambisius; sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan atau implementasi perencanaan sehingga dapat diketahui sesegera mungkin terhadap kesalahan atau penyimpangan yang terjadi dan dapat segera diperbaiki atau dikoreksi; dan sebagai dasar evaluasi hasil kerja akhir.
       Dalam pengaplikasian statistika dalam kehidupan sehari-hari, diperlukannya banyak data atau sekumpulan keterangan yang dapat menjelaskannya. Data yang dibutuhkan tersebut akan diteliti terlebih dahulu. Setelah jelas, barulah dapat dilakukan pengumpulan data. Namun perlu diperhatikan pula apa kegunaan data-data tersebut dikumpulkan atau tujuan pengumpulan data. Ada beberapa cara dalam pengumpulan data, yaitu dengan penelitian secara langsung di lapangan, bisa juga dengan interview atau wawancara ataupun dengan pengisian angket atau kuisioner.
       Namun, biasanya data yang terkumpul belumlah terurut, untuk itu data diurutkan terlebih dahulu menurut besarnya dalam urutan naik atau turun, sehingga didapat sebuah jajaran dalam suatu tabel. Oleh karena itu, penyusun akan membahas bagaimana cara mengurutkan data sehingga dapat terbentuknya suatu tabel yang disebut Tabel Distribusi Frekuensi.

1.2. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dan tujuan Tabel Distribusi Frekuensi?
2. Apa saja istilah dalam Tabel Distibusi Frekuensi?
3. Apa jenis-jenis Tabel Distribusi Frekuensi?
4. Bagaimana cara membuat Tabel Distribusi Frekuensi?

1.3. Tujuan Penulisan
1. Melengkapi tugas mata kuliah Pengantar Statistika;
2. mengetahui mengenai pengertian dan jenis-jenis Tabel Distribusi Frekuensi;
3. mengetahui cara membuat Tabel Distribusi Frekuensi; dan
4. mengetahui apa kegunaan Tabel Distribusi Frekuensi.





 BAB II
PEMBAHASAN


2.1. Pengertian Tabel Disribusi Frekuensi
      2.1.1. Pengertian Tabel Distribusi Frekuensi menurut para ahli
a.  Distribusi Frekuensi adalah penyusunan data dalam kelas-kelas interval. (Kuswanto,2006)
b. Distribusi Frekuensi adalah membuat uraian dari suatu hasil penelitian dan menyajikan hasil penelitian tersebut dalam bentuk yang baik, yakni bentuk stastistik popular yang sederhana sehingga kita dapat lebih mudah mendapat gambaran tentang situasi hasil penelitian. (Djarwanto,1982)
c.  Distribusi Frekuensi atau Tabel Frekuensi adalah suatu tabel yang banyaknya kejadian atau frekuensi (cases) didistribusikan ke dalam kelompok-kelompok (kelas-kelas) yang berbeda. (Budiyuwono, 1987)

     2.1.2. Pengertian Tabel Distribusi Frekuensi
Tabel distribusi frekuensi adalah salah satu bentuk penyajian data dalam bentuk tabel dimana setiap data dikelompokkan kedalam kelas interval.

    2.1.3. Tujuan dibuat Tabel Distribusi Frekuensi
Tabel distribusi frekuensi dibuat agar data yang telah dikumpulkan dalam jumlah yang sangat banyak dapat disajikan dalam bentuk yang jelas dan baik. Dengan kata lain, tabel distribusi frekuensi  dibuat untuk menyederhanakan bentuk dan jumlah data sehingga ketika disajikan kepada para pembaca dapat dengan mudah dipahami atau dinilai.


2.2. Istilah-istilah dalam Tabel Distribusi Frekuensi

Nilai Ujian
Banyaknya Siswa
Frekuensi Relatif
Frekuensi Kumulatif
41 – 50
2
6.67%
2
51 – 60
1
3.33%
3
61 – 70
3
10%
6
71 – 80
8
26%
14
81 – 90
6
20%
20
91 - 100
10
33.33%
30
JUMLAH
30

  1. Class (Kelas) adalah penggolongan data yang dibatasi dengan nilai terendah dan nilai tertinggi yang masing-masing dinamakan batas kelas. Batas kelas (Class Limit) adalah nilai batas dari pada tiap kelas dalam sebuah distribusi, terbagi menjadi states class limit dan class boundaries (tepi kelas).
  2. Class interval / panjang kelas/lebar kelas merupakan lebar dari sebuah kelas dan dihitung dari perbedaan antara kedua tepi kelasnya.
    Contoh:
    Panjang kelas pada tabel diatas adalah 10. Diambil dari, batas atas2 - batas atas1. (51 - 41 = 10)
    Contoh:
    Nilai tengah dari kelas pertama: (41+50)/2 = 45,5
  3. Mid point / class mark / titik tengah merupakan rata-rata hitung dari kedua batas kelasnya atau tepi kelasnya.
  4. stated class limit adalah batas-batas kelas yang tertulis dalam distribusi frekuensi, terdiri dari Lower Class Limit (batas bawah kelas) dan upper class limit (batas atas kelas).
  5. Contoh :
    Batas bawah adalah bilangan yang ada di sebelah kiri, seperti 41, 51, 61, 71, 81, dan 91.
    Batas atas adalah bilangan yang ada di sebelah kanan, seperti 50, 60, 70, 80, 90, dan 100.
  6. class boundaries (tepi kelas) adalah batas kelas yang sebenarnya, terdiri dari lower class boundary (batas bawah kelas yang sebenarnya) dan upper class boundary (batas atas kelas yang sebenarnya).
  7. Contoh:
    Tepi kelas bawah adalah batas bawah dikurang 0,5; seperti: 41-0,5 = 40,5
    Tepi kelas atas adalah batas atas ditambah 0,5; seperti: 50+0,5 = 50,5
     


2.3. Jenis-jenis Tabel Distribusi Frekuensi
  1. Tabel distribusi frekuensi data tunggal, di dalamnya disajikan frekuensi dari data angka dimana angka yang ada tidak dikelompokkan.
  2. Tabel distribusi frekuensi data kelompok, di dalamnya disajikan frekuensi dari data angka dimana angka tersebut dikelompokkan.
  3. Tabel Distribusi frekuensi relatif, Distribusi frekuensi yang berisikan nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan. Distribusi frekuensi relatif menyatakan proporsi data yang berada pada suatu kelas interval, distribusi frekuensi relatif pada suatu kelas didapatkan dengan cara membagi frekuensi dengan total data yang ada dari pengamatan atau observasi.
  4. Tabel Distribusi frekuensi kumulatif, Distribusi frekuensi yang berisikan frekuensi kumulatif (frekuensi yang dijumlahkan). Distribusi frekuensi kumulatif memiliki kurva yang disebut ogif. Ada dua macam distribusi frekuensi kumulatif yaitu distribusi frekuensi kumulatih kurang dari dan distribusi frekuensi lebih dari.


2.4. Cara membuat Tabel Distribusi Frekuensi
  1. Urutkan data terlebih dahulu
  2. Menentukan Range (Jangkauan) : didapat dari nilai yang terbesar dikurangi nilai yang terkecil. Rumus:  R = Xman – X min
  3. Menentukan banyaknya kelas dengan menggunakan rumus Sturgess. K = 1 + 3,3 log N dimana K = Banyaknya kelas dan N = Jumlah Data.
  4. Menentukan Interval Kelas : I = R/K
  5. Menentukan batas kelas :
dimana  Tbk = Bbk – 0,5
              Tak = Bak + 0,5
     Panjang interval kelas = Tak – Tbk
     Keterangan :    Tbk = tepi bawah kelas
                             Tak = tepi atas kelas
                             Bbk = batas bawah kelas
                             Bak = batas atas kelas
    6.  Menentukan titik tengahnya
    7. Memasukkan data kedalam kelas-kelas yang sesuai dengan memakai sistem turus/tally.
    8. Menyajikan distribusi frekuensi : isi kolom frekuensi sesuai dengan kolom Tally atau Turus.






BAB III
PENUTUP


3.1. Kesimpulan
  1. Distribusi frekuensi merupakan bagian dari statistika deskriptif dimana distribusi frekuensi berisikan data dari data yang terkecil hingga data yang terbesar yang dibagike dalam beberapa kelas.
  2. Distribusi frekuensi ada dua jenis yaitu distribusi frekuensi relatif yang frekuensinya dinyatakan dalam persen dan distribusi frekuensi kumulatif dimana daftar frekuensi ini dapat dibentuk dari daftar frekuensi biasa.
  3. Data yang telah disusun dalam tabel distribusi frekuensi menjadi bentuk gambar ataudiagram dinamakan histogram dan polygon frekuensi.


3.2. Saran

     Dalam membuat suatu daftar distribusi frekuensi kita harus memperhatikan langkah –  langkah yang akan diambil. Lakukan seperti yang tertera di dalam makalah. Perhatikan langkah – langkah pengerjaannya, supaya saat dalam proses pengerjaan tidak terjadikesalahan yang dapat mengakibatkan daftar distribusi yang dibuat menjadi salah total.Pahami baik  – baik penjelasan yang ada dalam makalah ini.









DAFTAR PUSTAKA


To'ali. 2009. Matematika Kelompok Penjualan dan Akuntansi. Bandung: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Ismail. 2003. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika:
Statistika. Jakarta: Direktorat Lanjutan Pertama
Nar Herrhyanto dan H.M. Akib Hamid. 1993/1994. Statistika Dasar. Jakarta:
Dikdasmen
Winarno dan Ganung Anggraeni. 2001. Pengantar Statistika. Yogyakarta: PPPG
Matematika
Sarah, Zaneta. 2012. Tabel Distribusi Frekuensi. http://zaneta9bp2.blogspot.co.id/p/tabel-distribusi-frekuensi.html
http://bunayhartop.blogspot.co.id/2012/03/distribusi-frekuensi-pengertian-jenis.html
http://nyoglaudes.blogspot.co.id/2013/02/distribusi-frekuensi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar